Thursday 9 August 2018

KAS KECIL

PENGERTIAN

Kas kecil (Petty Cash) adalah kas yang dicadangkan untuk menanggulangi pembayaran dan pengeluaran kas yang relatif kecil. Misalnya untuk membayar biaya pembelian materai, biaya kebersihan, biaya foto copy, biaya transportasi, pinjaman karyawan, biaya konsumsi rapat, dan lain-lain.

Pengertian kas kecil menurut para ahli :

Soemarso (2004:320)

Kas kecil adalah sejumlah uang tunai yang disishkan dalamperusahaan dan digunakan untuk melayani pengeluaran tertentu denganjumlah yang tidak besar dan yang berupa pengeluaran lain dilakukan dengan bank (dengan chek).

Zaki Baridwan (1988)

Dana kas kecil adalah uang kas perusahaan yang khusus dan berfungsi untuk membayar pengeluaran yang jumlahnya tidak besar (relatif kecil).

Johar Arifin

Dana kas keil adalah dana yang disishkan oleh perusahaan untuk membiayai pengeluaran yang jumlahnya tidak besar (relatif kecil).

Mardiasmo (2002:3)

Dana kas kecil adalah sejumlah uang kas di perusahaan yang disediakan khusus untuk membayar pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil dan tidak ekonomis jika dibayarkan dengan menggunakan chek.

KARAKTERISTIK PETTY CASH

  1. Jumlah dibatasi tidak lebih atau tidak dari suatu jumlah tertentu yang telah ditentukan oleh manajemen perusahaan. Tentunya masing-masing perusahaan menetapkan jumlah yang berbeda sesuai dengan skala perasional perusahaan.
  2. Dipergunakan untuk mendanai transaksi kecil yang sifatnya rutin setiap hari.

TUJUAN PETTY CASH

Ada beberapa tujuan dibentuknya kas kecil atau petty cash, diantaranya yaitu :
  1. Menangani masalah perlengkapaff karyawaan atau perbekalan kantor yang dialami oleh suatu bagian di kantor.
  2. Menghindari cara pembayaran yang tidak ekonomis juga tidak praktis atas pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil dan mendadak.
  3. Meringankan beban staff karayawan dalam memberikan pelayanan secra maksimal kepada pelanggan juga termasuk kepada realsi bisnis pimpinan.
  4. Mempercepat aktivitas atas yang menggunkan dana secra mendadak dan juga tidak terencana sebelumnya.
FUNGSI PETTY CASH
  1. Untuk membayar pengeluaran perusahaan dengan nominal kecil.
  2. Sebagai dana talangan untuk membayar pengeluaran yang bersifat mendadak.
  3. Sbagai dana langsung untuk jenis pembayaran yang tidak praktis jika menggunakan chek.
  4. Untuk mempercepat proses pembayaran yang tidak praktis jika menggunakan lampiran lampiran keuangan yang perlu ditandatangani direktur terlebih dahulu.

PENGELOLAAN PETTY CASH

Kas kecil biasanya akan diserahkan pengelolaanya kepada kasir perusahaan atau kepada sekretais atau kepada orang yang ditunjuk oleh pimpinan perusahaan. Pengelolaan kas kecil dalam pengelolan kas keluar dan pemakaian kas kecil akan membuat sistem pengendalian yang baik agar pengeluaran kas kecil bisa dikontrol dengan baik. Langkah kerja yang dilakukan adalah meminta keputusan dari atasan mengenai :
  1. Batas maksimal pengeeluaran dana kas kecil.
  2. Rekening yang boleh dibiayai oleh dana kas kecil.
  3. Otorisasi yang harus dilakukan untuk permintaan dana kas kecil, penggunaan dana kas kecil, dan pengesahan laporan penggunaan kecil.
  4. Formulir yang digunakan untuk transaksi kas kecil

FORMULIR KAS KECIL

Formulir yang akan digunakan oleh pemegang kas kecil adalah :

A. Formulir Permintaan Penggunakan Kas Kecil

Formulir ini disediakan oleh pemegang dana kas kecil dan harus diisi oleh calon pemakai dana kas kecil. Foemulir ini harus mendapat persetujuan dari pejabat yang berkaitan. Berikut salah satu contoh bentuk formulirnya :


B. Formulir Pemakaian Dana Kas Kecil

Formulir ini bisa diisi oleh pemakai dengan mendapatkan persetujuan dari atasan perusahaan . Formulir bukti kas kecil bisa dirancang sedemikian rupa dan akan disesuaikan dengan kebuuhan perusahaan. Jadi kolom-kolom yang dibuat dapat berubah. Salah satu bentuknya adalah sebagai berikut :


C. Formulir Permintaan Pengisian Kembali Dana Kas Kecil

Setiap Pengelolan kas kecil harus membuat laporan pemakaian dana kas kecil yang menjadi tanggungjawabnya dengan merancang buku kas kecil. Buku kas kecil ini merupakan syarat untuk dapat mengisi dana kas kecil yang terpakai tadi. Pengelolaan dana kas kecil juga diharuskan untuk melampirkan bukti pendukung dar laporan yang telah dibuatnya. Salah satu bentuk buku kas adalah sebagai berikut :



No comments:

Post a Comment